Home Tips • 7 Makanan yang Harus Dihindari para Atlet Olahraga

7 Makanan yang Harus Dihindari para Atlet Olahraga

 - 

Alkohol

alkohol

Makanan yang harus dihindari para atlet olahraga yang pertama dan wajib dihindari adalah alkohol.Jangankan bagi seorang atlet bagi orang lain dengan profesi lain pun alkohol sebenarnya tidak dianjurka untuk diminum.

Sifatnya yang memabukkan tentu akan berbahaya bagi para atlet apabila dikonsumsi sebelum mereka melakukan latihan apalagi saat akan mengikuti lomba.

Meski dikonsumsi di luar jam latihan dan bukan saat akan lomba, mengkonsumsi alkohol juga berbahaya bagi kesehatan jantung, pankreas, saraf dan otak.

Soda

minuman soda

Sama halnya dengan alkohol, soda juga tidak baik bila dikonsumsi terlalu banyak. Kandungannya yang keras dapat merusak saluran pencernaan

Disamping itu kandungan gula pada soda sangatlah tinggi sehingga bila mengkosumsi soda terlalu sering dapat menyebabkan menderita penyakit diabetes melitus.

Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat merusak sistem pencernaan apalagi bila dikonsumsi ketika perut kosong.

Bila Anda merupakan seorang atlet dan merasa lapar, usahakan untuk mengisi perut Anda dengan makanan yang tidak pedas terlebih dahulu. Setelah lumayan terisi Anda boleh untuk memakan makanan yang pedas.

Telur

Terlalu banyak memakan telur ternyata dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

Tidak hanya itu, telur yang mengandung bakteri tentu akan sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh para atlet.

Maka dari itu, jika ingin makan telur pastikan telur tersebut benar-benar matang. Bila selama ini Anda menyukai telur mata sapi setengah matang, mulai hari ini Anda harus mengurangi porsi telur mata sapi setengah matang tersebut.

Meski telur makanan bergizi, tetapi imbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Makanan Cepat Saji (Pizaa, Burger, Hot Dog)

makana cepat saji

Sudah bukan mitos lagi nih jika makanan cepat saji atau yang sebagian orang sebut fast food ini berbahaya bagi kesehatan.

Masalah utama yang akan dihadapi oleh para atlet bila ketagihan dengan fast food adalah berat badan berlebih alias obesitas.

Makanan cepat saji seperti pizza, burger dan hotdog biasanya mengandung banyak daging, sedikit sayuran dan terkadang terlalu banyak mengandung minyak.

Mengkonsumsi daging dan minyak goreng dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang sayuran akan menyebabkan lemak dalam tubuh Anda bertambah sehingga berat badan Anda akan meningkat secara drastis.

Bukan hanya akan menyebabkan obesitas saja, makanan cepat saji juga dapat menyebabkan stroke karena penumpukan lemak dalam tubuh yang disebabkan oleh daging dan minyak.

Sehingga makanan cepat saji menjadi saah satu makanan yang harus dihindari para atlet olahraga yang paling utama.

Rengginang, Roti Tawar dan Makanan Sejenis Soy Joy

Makanan yang harus dihindari para atlet olahraga berikutnya adalah rengginan, roti tawar dan camilan untuk diet seperti Soy Joy dan Vit Bar adalah makanan yang memiliki kandungan serat yang rendah.

Tiap manusia membutuhkan serat yang cukup di dalam tubuh mereka. Bila seseorang kekurangan serat maka mereka akan mengalami sembelit atau susah buang air besar, kulit menjadi kering dan pecah-pecah, mudah sariawan dan mudah dehidrasi.

Nasi Goreng

Kandungan minyak goreng dalam nasi goreng yang begitu melimpah tidaklah baik bagi kesehatan para atlet karena dapat menyebabkan stroke, asam urat dan obesitas.

Selain mengandung minyak yang banyak, nasi goreng terkadang diberi daging sedikit sayuran hijau yang makin mendukung risiko terserang stroke dan asam urat.

Minuman Penambah Energi

minuman penambah energi

Minuman berenergi mengandung kafein dengan kadar yang tinggi sehingga jika seorang atlet mengkonsumsi minuman penambah energi terlalu banyak maka potensi terkena serangan jantung dan darah tinggi akan meningkat.

Bila terpaksa harus mendapatkan asupan kafein, maka gantilah dengan kopi, teh atau coklat sebab minuman penambah energi bahanya lebih tinggi dibandingkan kopi dan teh sehingga masuk ke dalam daftar makanan yang harus dihindari para atlet olahraga.

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
In Tips

Author:Wati